Uncategorized

Dulu Turun Aksi, Sekarang Adu Kreasi

artikel1

            Esensi mahasiswa selalu berkembang dan bersifat dinamis dari waktu ke waktu. Peran mahasiswa yang semula secara langsung dimaknai dengan cara turun ke jalan menuntut kebijakan pemerintah demi kesejahteraan rakyat, sekarang hal-hal seperti itu mulai ditinggalkan. Hanya segelintir mahasiswa dalam menyampaikan aspirasi menempuh jalan turun aksi. Semua itu terjadi karena perubahan zaman yang membuat mahasiswa diam dan juga memang tidak ada problema politik dan masalah sosial yang dahsyat yang membuat mahasiswa bergerak. Seperti saat mahasiswa Indonesia serentak turun ke jalan menuntut kinerja dan kebijakan pemerintah pada zaman orde baru yang menghasilkan Reformasi 1998.

Namun perubahan zaman tidak membuat para mahasiswa pasif dalam merespon kemajuan teknologi dan informasi. Mahasiswa jaman sekarang mempunyai banyak cara untuk berperan besar demi sebuah kemajuan. Melalui kemampuan mereka mengeksplorasi bakat, skill, ide dan gagasan intelektual, mahasiswa bisa turut andil dalam kemajuan bangsa melalui kreatifitas. Perubahan situasi dan kondisi memaksa para generasi muda memiliki solusi yang tepat dan tidak selalu berorientasi pada masa lalu.

“Kreatifitas sudah menjadi harga mutlak bagi mahasiswa, bukan sekedar keberanian, karena tanpa kreatifitas seseorang bukanlah manusia. Esensi mahasiswa yang sesungguhnya tentu beridealis, peduli dengan lingkungan dan negara. Hanya saja tidak perlu mengambil semua aspek, tetapi cukup mengambil hal-hal yang spesifik” (Adien Gunarta)

Hanya saja sekarang ini, tidak banyak mahasiswa yang beridealis atau menunjukkan keidealisannya karena arus modernisasi yang membuat mahasiswa banyak terjangkit virus hedonisme dan mencintai kehidupan glamour. Sehingga kepekaan mahasiswa terhadap masalah sosial dan politik semakin menurun karena perubahan kehidupan dan perkembangan teknologi komunikasi yang membuat calon penerus bangsa ini cenderung apatis terhadap problematika yang sedang dihadapi bangsa.

Pada awal reformasi, mahasiswa sebagai agent of change dimaknai bahwa mahasiswa dengan semua yang dimilikinya sebagai alat perubahan bangsa. Mahasiswa jaman sekarang lebih memaknai bahwa agent of change adalah suatu usaha untuk merubah hidupnya secara pribadi sebagai suatu tahapan. Sebelum membangun bangsa, suatu perubahan harus diawali dari perubahan diri sendiri.

Untuk menjadi mahasiswa yang berperan besar, tidak hanya dengan cara demokrasi dan turun ke jalan menyampaikan aspirasi, namun dengan mengembangkan potensi dan bakat yang dimiliki. Mahasiswa mampu berperan besar jika itu semua berdampak besar bagi masyarakat luas, ikut mencerdaskan generasi muda dan mengasah kepekaan terhadap isu sosial sehingga mampu bertindak cerdas, progresif, kritis dan transformatif dalam menetapkan eksistensi mahasiswa sebagai agent of change kemajuan suatu bangsa.

“Kalau tentang tulisan, saya memang ingin mempengaruhi orang. Baik perubahan jaman yang membuat mahasiswa berubah ataupun memang tidak ada lagi hal besar yang perlu diperjuangakan, keduanya bisa saja terjadi. Zaman ini menina bobokkan kita semua sehingga hal-hal besar tidak terjadi atau tidak terlihat terjadi” ujar Adien, font designer film Despicable Me 2. (AS)

Advertisements

2 thoughts on “Dulu Turun Aksi, Sekarang Adu Kreasi

  1. Apapun bentuknya, apakah turun aksi ataupun adu kreasi, seorang mahasiswa seyogyanya tidak melupakan esensi dari 4 pilar peran dan fungsi mahasiswa yaitu : agent of change, sosial control, moral force, dan iron stock. ikut turun kejalan ataupun berpendapat melalui tulisan dan kreasi yang lain adalah manifestasi dari 4 pilar tersebut dalam bentuk dan rupa yang berbeda.

    Mahasiswa selaku agent of change hendaknya mampu mempertahankan idelismenya ditengah perubahan jaman dan pengaruh teknologi informasi yang berkembang sangat pesat. Tidak terpengaruh oleh arus media masa yang sekarang mulai cenderung berpihak dan tidak lagi obyektif dalam melakukan pembertitaan.

    Salah satu tugas mulia seorang mahasiswa adalah mengawal demokrasi Indonesia yang sepenuhnya untuk kemakmuran rakyat sesuai dengan amanat konstitusi apapun bentuk pengawalannya. Baik turun aksi ataupun dengan bentuk yang lain.

    -Progresive, Revolusioner –

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s